10 Curug Yang Ada Di Sukabumi ( part 1 )

Jika anda berkunjung ke Sukabumi anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa dan tergolong masih asri. Objek wisata alam merajai setiap jalur peta yang anda miliki. Mulai dari objek wisata air terjun, gua-gua, sumber mata air panas, pegunungan, bumi perkemahan, hingga pantai-pantai indah yang tersebar hingga ke pelosok daerah Sukabumi. Objek wisata alam yang ingin saya ingin bagi kepada anda adalah air terjun/ curug-curugnya yang...
indah yang tak terhitung jumlahnya, berikut ini adalah sepenggal cerita yang bisa anda nikmati sebagai rekomendasi liburan ketika berkunjung ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. 

1. Curug Cikaso ( Curug Luhur )

Sebenarnya air terjun ini bernama Curug Luhur, tapi banyak masyarakat yang lebih suka menamainya Curug Cikaso. Ini karena airnya mengalir dari anak Sungai Cikaso. Untuk menjangkau tempatnya kita butuh seorang pemandu, sebab rute menuju curug ini tidak memiliki penunjuk jalan sama sekali. Biaya sewa pemandunya relatif mahal, yakni kurang dari Rp.100.000. Ini harga yang sesuai menurut saya untuk ukuran pemandu yang membawa kita menuju surga yang tersembunyi. Jalur darat yang dilalui merupakan medan yang cukup sulit, selain karena tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, anda juga harus melalui jalan-jalan kecil dan ladang milik penduduk.

Jika anda tidak suka berjalan di jalur darat, anda mungkin bisa lebih rileks dengan mengambil jalur sungai. Banyak wisatawan yang lebih suka mengambil jalur yang satu ini, selain karena kaki anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, anda juga hanya akan disuguhi pemandangan di sepanjang aliran sungai dari atas perahu boat yang anda tumpangi. Saking takjubnya anda mungkin bertanya-tanya “Apakah kita sedang berada di Grand Canyon?”
Curug ini terletak di di kampung Ciniti, kelurahan Cibitung, kecamatan Cibitung – Jampang Kulon, yaitu sekitar 70 km dari Pelabuhan Ratu. Di kawasan ini juga terdapat curug yang tidak kalah menawan dengan Curug Cikaso, yaitu Curug Cingangsa. Hanya sekitar 10 km dari Curug Cikaso.




2. Curug Sawer

Kalau anda pernah berkunjung ke danau cantik Situ Gunung, anda pasti tahu air terjun yang manis satu ini. Ini karena air terjun ini masih berada dalam Kawasan Wisata Situ Gunung – Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP). Untuk menempuhnya anda membutuhkan perjuangan dan semangat khusus selain karena medannya yang menantang, jaraknya juga relatif jauh dari wisma yang ada di Situ Gunung.


Jika anda berminat, silakan catat alamatnya. Curug ini terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Saya sarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari tepat ketika sinar mentari menembus lembah-lembah dan bersinar di atas curug ini



3. Curug Cangkuang

Bagi anda yang sudah biasa berkemah di Wana Wisata Cangkuang pasti kenal dengan nama air terjun ini. Walaupun udara pegunungan pada pagi hari benar-benar menggigit dan membuat anda menggigil tapi ketika menceburkan diri di kolam air terjun ini anda dijamin tidak lagi kedinginan. Suhunya lumayan hangat karena mengandung belerang.

Yang menarik dari curug ini bukan hanya datang dari seberapa keras perjuangan anda dalam menempuhnya, tapi juga warna dasar kolamnya yang memikat walaupun anda sebenarnya tahu bahwa itu karena adanya endapan belerang di dalamnya. Anda seperti menemukan kepuasan tersendiri ketika tiba dengan kaki pegal sembari menikmati air terjun itu lebih dalam.

Curug ini berada sekitar 1 km dari pinggir jalan aspal dekat pintu masuk gerbang dengan melewati kawasan hutan pinus. Sedangkan wana wisata Cangkuang yang menaunginya berada sekitar 12 km dari pinggir jalan Raya Sukabumi ke area Wana Wisata Cangkuang.










4. Curug Cikanteh

Ada curug yang memiliki tiga nama sekaligus. Ini karena curug tersebut memiliki tiga tingkat terjunan air, yang paling dasar bernama Curug Sodong, lalu Curug Ngelai, dan terakhir Curug Cikanteh. Air terjun ini merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Sukabumi. Anda harus menyusuri semak-semak, menyebrangi sungai, dan mendaki bukit hanya untuk menemui air terjun yang berdiri kokoh dengan keanggunannya.

Curug ini terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Sekitar 4 km (1 jam perjalanan) dari pusat desa Ciwaru.



5. Curug Cigangsa

Curug Cingangsa adalah salah satu air terjun dengan panorama alam yang memukau. Sama halnya dengan Curug Cikaso, untuk sampai ke lokasi Anda bisa berjalan kaki ataupun naik perahu kecil melalui sungai yang diantar oleh masyarakat di sana.
Curug Cigangsa terletak di dekat kecamatan Surade, Selatan Sukabumi atau sekitar 22 km sebelum ujung genteng. Curug ini merupakan curug yang megah dan indah. Dari Surade letaknya sekitar 1 km dari kota kecamatan, nah untuk mencapainya sungguh suatu tantangan. Mobil dapat dititipkan pada warga, rombongan harus berjalan kaki menuju curug cigangsa. 
Perjalanan kaki ini sungguh memberikan kesan tersendiri, awalnya melalui jalan rata di sekitar persawahan dan perkebunan dan melintasi suangai nan jernih. Tak disangka sungai tersebut ternyata sungai di atas jalur aliran air curug. Setelah melewati sawah yang permai akhirnya jalan turun tajam, hati-hati jalan licin namun mengasyikkan.



Sambung Ke Artikel Selanjutnya >>>>>> >Klik Disini<