10 Curug Yang Ada Di Sukabumi ( part 2 )


Berikut lanjutan dari artikel sebelumnya : 10 Curug Yang Ada Di Sukabumi ( part 2 )
cekidot ...





6. Curug Piit

Dinamakan Curug Piit (Burung Pipit dalam bahasa sunda) karena kabarnya dulu banyak burung pipit bersarang di lokasi ini,  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Curahan airnya membentuk sebuah kolam berdiameter sekitar tujuh meter dan dalamnya empat meter. Airnya sangat dingin sehingga tidak bisa lama-lama berendam di kolam tersebut.Curug ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun.  Selain Curug Piit di kawasan ini juga terdapat beberapa  curug lagi, yaitu Curug Cimantaja dan Macan di Desa Cikiray Kecamatan Cikidang, Curug Cihanjawar, Walet dan Cikudapeh di sekitar perkebunan teh Nirrmala, Curug Citangkolo di Desa Mekarjaya Kecamatan Kabandungan, Curug Ciberang dan Cileungsing di sekitar Desa Leuwijamang, dan terakhir Curug Ciarnisah terletak di sekitar Desa Cibedug. Obyek yang menarik di Taman Nasional Gunung Halimun antara lain Curug (Air Terjun) Piit setinggi sekitar 25 meter dan Curug Macan setinggi sekitar 7 meter.



7. Curug Bibijilan

Air Terjun Bibijilan berada di kawasan wisata Buni Ayu dan memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan airnya yang dingin dan sejuk berwarna hijau tosca meluncur dari bebatuan kapur. Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.





Nama bibijilan berasal dari bahasa sunda yang berarti bermunculan, dengan kata lain air yang bermunculan dari dalam perut bumi (dari dalam gua) membentuk teras aliran air dan kolam-kolam kecil.





8. Curug Cibeurem

Curug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl).
Lokasi terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.







9.Curug Caweni

Curug Caweni memiliki ketinggian terjunan air sekitar 15 m.  Salah satu ciri khas Curug Caweni adalah adanya sebuah batu setinggi 7 m yang terdapat di tengah-tengah air terjun. Konon batu tersebut adalah Arca Caweni, putri yang pernah berkuasa di Cidolog.  Nama Caweni atau cawene dalam bahasa sunda berarti 'randa bengsrat', janda yang masih suci karena berpisah sebelum melakukan hubungan intim dengan suaminya.
Terletak di Kampung Cilutung, Desa Cidolog, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.






10. Curug Pareang

Curug Pareang sangat menawan dengan kenampakan sebagai sungai di dinding bukit.  Pada saat musim kemarau, debit airnya kecil sehingga bisa didaki.  Akan tetapi mendaki lereng melewati sungai ini sangat tidak disarankan karena licin dan berbahaya.  Apabila mau melihat keindahan alam dari puncak, bisa mendaki lewat samping sungai (sudah ada jalan setapaknya).
Lokasi terletak di Desa Sindang Resmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
















Sekian info dari saya, semoga bermanfaat buat agan-agan sekalian ^_^ , , ,